Amplifier Murah Meriah Suara Jernih Bening Nendang

Memang jualan alat elekteronika audio ini menawarkan banyak alternatif yang menarik, tentunya jika anda memiliki knowhow yang lebih. Adalah pasar dibanjiri dengan elektronika audio buatan China murah meriah. Dengan dana di bawah Rp. 100.000,- saja sudah bisa membeli sebuah "active speaker" yang dah bisa bunyi dengan cukup bagus. Tinggal colok ke steker listrik dan USB PC, setel Winamp, dah bunyi. Begitu juga dengan dana Rp. 200 ribuan dah bisa beli player DVD.

Akan tetapi untuk bisa dengarin mini compo, mini hifi di rumah, harus rogoh kocek Rp. 1 jutaan, atau lebih murah sedikit, beli active speaker komputer dengan harga Rp. 600 an ribu dah dapat yang suaranya bagus untuk ukuran ruangan tamu/kamar.

Tapi jangan salah, jika anda punya hobi solder menyolder, anda bisa merangkai sendiri power amplifier murah dengan kualitas suara yang tidak harus murahan. Bahkan kualitas suaranya dan power yang dihasilkan jauh lebih bagus dari mini HIFI bermerk (Korea) yang harganya Rp. 1 jutaan.

Contohnya nggak usah jauh-jauh, coba search dengan tag : "amplifier kit", dan klik "image", akan bermunculan banyak kit power amplifier yang harganya mulai dari Rp. 65.000 s/d Rp. 600 ribuan.

Saya mencoba salah satu yang murah meriah, yaitu kit amplifier menggunakan IC STK 465, harganya Rp. 70.000 saja. Dengan modal sebuah trafo kecil 3A tanpa merek, tegangan 20 volt, tinggal solder, sambung ke speaker, ambil sumber sinyal melalui jack 3.5" yang cocok dengan colokan sound PC dan HP,  langsung ding-dong.

Anda bayangkan sendiri suaranya secara total jernih, suara tengah vokal jernih dan bulat, suara tinggi tweeter juga bagus. Memang suara rendah tidak terlalu nendang sampe dada anda bergetar, tapi sudah cukup buat mulut anda ikut komat-kamit ndum .. ndum ... ndum ...

Catatan:
Agar hentakan bas lebih nendang, maka dengan ilmu seadanya, kami menduga bahwa dengan menambahkan kapasitansi dari elco power supply, harapannya suara bas bisa lebih ditingkatkan. Jadi kami membeli 2 elco seperti yg sudah ada pada kitnya, dan kami solder paralel dengan elko terpasang di kit. Dan ilmu "dugaan" tersebut memang ada dukungan di hasilnya, bas sekarang terdengar lebih nendang.    

Dari modal searching di internet, ternyata audio hifi mahal dengan merk terkenal di masa lalu, banyak yang jeroannya menggunakan IC power dari kelas STK ini. Kalo merek terkenal dan mahal aja gunakan IC STK, maka anda jangan minder dengarin musik kesayangan menggunakan jeroan rakitan IC STK 645.

Falsafahnya adalah pencinta musik tetap menikmati musik meski memunggungi player musiknya. Kayak itu lho, di acara The Voice, para juri yang 4 orang itu menilai suara si penyanyi tanpa melihat tampangnya. Asih toh yang dinikmati itu musiknya, bukan jeroan power amplinya kan.

Ssssssstttttttttt ..... tentu saja nggak enak dan berbahaya jika ampli rakitan dalam bentuk jeroan kabel-kabel disebarin di meja lalu di~play begitu, takut anak-anak nggak ngerti, megang kabel, bisa-bisa kesetrum atau kena panas.  Cover kudu perlu.

Intinya, anda bisa mendengarkan suara audio bagus dengan belanja murah-meriah, asalkan anda punya pengetahuan dan kegemaran tukang solder. 

Sebagai update, kami berikan perkiraan kasar ongkos merakit ampli STK-465 murah meriah tersebut:

1. 1 KIT Ampli STK 465 merk "Platinum" Rp. 70.000,- (stereo)
2. 1 Trafo 3A 20V tertulis "Transformer" Rp. 50.000,-
3. 1 Trafo 0.5 A 12V tertulis "King" Rp. 25.000,-
4. 1 Stereo Tone Control Rp. 17.000,-
5. 2 konektor kabel RCA untuk input Rp. 6.000,-
6. 1 Box ampli Rp. 35.000,-
7. Komponen untuk rakit rectifier power 12V tone control : Rp. 7.000,-
8. lain-lain (termasuk 2 elco tambahan) Rp. 10.000,-
---------
Total Rp. 220.000

Catatan:
Kami sarankan beli trafo 5A merk apa "Tronic", yg penting ada output sekunder 0.5A 12V, agar nggak perlu lagi pake trafo kecil tone control (no. 3). Secara angaran nggak ngaruh, karena Trafo 5A (biasa) = Rp. 75.000/bh.

Comments

  1. Posted 7 Okt 2014, trafo 3 A Rp 50k, trafo 5 A Rp 75k, yg bnr aja...???

    ReplyDelete
  2. Mas bisa d gambarin rangakaian cara merakit kabel-kabelnya mas. #masih pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa blom bisa om,saya aja masih12 tahun bisa malah udh bikin ampli 350w sendiri
      #baru pemula

      Delete
  3. ini baru ampli saja ya bos, untuk speker + Box habis berapa? speker yng cocok pake type dan ukuran apa ?

    ditotal habis berapa, perbandingan jadi sama rakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat postingan disini mas : http://seputarankotajakarta.blogspot.co.id/2014/05/membuat-sendiri-pasif-speaker.html
      masih bisa lebih murah, karena masih banyak woofer, speaker yg lebih murah, tapi kualitas nggak kalah. itu pilihan.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts