Elektronika Kembang Sepatu : Diarahkan Ke 1 Jenis Kit

Jalan/gang Kembang Sepatu di seberang Pasar Senen merupakan alternatif bagi yang suka elektronika. Di sana banyak dijual elektronika audio bekas dan komponen parts elektronika. Audio elektronika bekas yang dijual umumnya kondisi baik dan berfungsi, ampli, dvd player, keyboard, televisi, dll.  

Khusus penyuka audio rakitan amatir seperti saya, tadinya ekpektasi besar bisa menemukan banyak kita yang lucu, powerful dan murah meriah. Namun jawabannya ternyata tidak indah. Karena setiap kios  kelihatannya  hanya mengusung 1 jenis kit power ampli favoritnya, merangkainya dalam bentuk ampli dah jadi berharga ratusan ribu, dan tidak menjual beragam kit gitu.

Memang tiap kios memiliki kit power yg beda-beda, sehingga ragam kit power yang ditawarkan tidak banyak. Kios yang jual blazer akan merakit ampli berbasis kit tersebut, demikian juga kios lainnya.

Kemarin itu saya ingin mencari kit power murah meriah dengan dasar penguat finalnya MOSFET vertikal yang murah. Menurut referensi di internet itu power yang suaranya bisa dikata hi-fi dengan rangkaian yang sederhana dan mudah dirakit. Tapi saya dijawab bahwa ampli mosfet itu mahal, komponen pendukungnya harus mumpuni, sehingga total2 bisa nyampe Rp. 4 juta untuk merakitnya. Sayapun keder, dan sadar bahwa yang ia maksud mungkin adalah LATERAL MOSFET yang memang mahal. Dengan penjelasan begitu, maka jelaslah nggak ada power ampli dengan mosfet di kios-kios disana. Sayapun pulang dengan tangan kosong.

Hari ini saya ingin meluncur ke Glodok, atau Mangga Dua Square tempat pindahan pedagang Glodok karena pembangunan Harco Baru oleh APL, masih dengan maksud sama, mencari kit ampli MOSFET. Moga2 ketemu.

Sementara itu, kalo ada kawan2 yang punya info dimana jualan beragam kita ampli dan komponen yang murah meriah, ya boleh dong disharing infonya. Sejauh ini yang saya temukan di internet adanya di Solfegio.com, audiobbm.com dan devatronik.com. Kalo selain di Glodok, Kembang Sepatu di mana lagi ya. Pernah ke Jatinegara, di kios-2 yg tersembunyi di dalam gang2 sempit, sudah nggak banyak kios elektronika. 


Comments

Popular Posts