Amplifier Murah Bagus : Kit Power Ampli APEX AX11 - MK3 Buatan Platinum

Sebelumnya kami telah memposting proyek ampli OCL 300 watt. Karakteristiknya suara bass nya kuat. Cukuplah untuk sound sistem ruangan, karena ampli tersebut jika didengar dari luar ruangan pada jarak lebih dari 10 meter, pronounsiasi vokal dan dentuman bass seolah blur dan melemah.


Kemarin, kami iseng mampir di toko elektronika dan menemukan kit ampli buatan Platinum, jenis APEX. Sebelumnya kami sudah searching di internet dan pergi ke tolo elektronika, menemukan kita APEX yg umum dijual yaitu B500 dan B900. Biasanya dijual tanpa Transistor, karena jika dijual dengan transistor jatuh-jatuhnya agak mahal. 


Jenis APEX yg kami temukan di toko itu kelihatannya APEX pertama yg diproduksi banyak, karena sebelumnya si Platinum belum pernah membuat APEX, sekarang ada produk APEX buatan Platinum mulai dari yg sudah terpasang komplit sebagai kit sudah dengan PSU dan tone control, maupun yang kosongan belum ada transistor final dan ada yang sudah lengkap dgn transistor final.

Namanya APEX AX11 MK3. Searching di internet, sedikit sekali tulisan mengenai APEX AX11 ini. Sebelumnya kami pernah menulis mengenai APEX AX-14, jadi kami mengasumsikan mestinya APEX ini masih kerabat APEX rancangan tuan Mile dari Eropa sana. 

Singkat kata, kami tidak membuat proyek dari baru, melainkan hanya mengganti Kit Power Ampli OCL MX300 kebetulan ukurannya hampir sama.

Berikut ini ulasannya  :

Dari hasil pendengaran kami memang benar kit APEX ini suaranya lebih detail dan bagus. Mengapa kami berani mengatakan lebih detail, karena dkami suka memutar lagu dari youtube. Ada lagu di youtube tertentu di mana latar belakang musiknya terdapat permainan juk/ukulele/keroncong kecil. Kita tahu suara juk sangat mendeting khas. Diselipin di suara musik apa saja, kita pasti sanggup mendengar suara juk. 

Nah dengan kit OCL MX300 Watt, suara juk di latar belakang seolah-olah tersamarkan dan suaranya lemah.  Artinya frekensi suara juk di dalam penguatan ampli dengan kit OCL MX 300 ini kurang atau frekuensi tersebut hilang atau lemah. Sehingga mendengar lagu jadi kurang lengkap karena ada rentang frekuensi yg kurang diperkuat.

Kelemahan lain kit OOCL MX300 watt adalah jika volume suara dikecilin misalnya karena hari sudah malam, atau si dede sedang tidur nggak boleh keganggu, maka semua frekuensi seolah-olah ikut blur. Jadi kejernihan suaranya tidak proporsional dengan volume. Artinya mendengar ampli OCL MK300 watt harus dengan volume kebuka cukup besar baru semua freuensi bisa kedengar, itupun dengan case seperti di atas, ada rentang frekuensi yg kurang baik penguatannya.

Dengan mengganti power OCL 300 watt dengan APEX AX11 MK3 2x250 watt ini 3. masalah tersebut teratasi.

1. Detail suara didengar dari dekat (dalam ruangan) maupun jika kita berdiri jauh dari speker, detail suaranya masih bisa kita bedakan, baik suara bass maupun menengah dan tinggi.

2. Sejauh ini belum ditemukan ada frekuensi suara musik yg hilang. Bahkan di sisi ini suaranya sangat detail. Iklannya mengatakan hi-fi, itu boleh dipercaya. Dari sisi ini hasil suaranya menyenangkan, karena rentang frekuensi semua terdengar. Bahkan suara bass juga keluar.

3. Jika volume dikecilin atau digedein, tidak terjadi perubahan proporsi , artinya semua frekuensi proporsional. Pada kit OCL jika suara digedein, suara bass cenderung mendominasi, dan sampai pada batas tertentu suara bass akan pecah, dan suara menengah juga ikutan  jadi serak. Tapi pada kita APEX ini hal itu tidak terjadi. Dari volume terkecil sampe volume digedein, porsi suara tetap terjaga. Hal ini sangat membantu, kita bisa mendengar musik dengan volume dibuka sedikit saja, dan masih bisa mendengar semua rentang frekuensi lengkap.

Dari hasil pengamatan sederhana ini, kami merekomendasikan, untuk kebutuhan sound ruangan. kita power ampli APEX AX11 ini jauh lebuh baik daripada OCL MX300 watt.

Satu lagi kelebihan yg belum disebutkan di atas, suara bass meskipun tidak semembahananya OCL MX300 watt, tapi suara bassnya menyentak dan berasa, lebih enak, tidak bergetar apalagi serak.

Demikian pengamatan singkat dari perbandingan dua kit power ampli antara OCL MX300 watt vs APEX AX11 MK3.

Comments

  1. Mo nanya gan, output pa nya brp watt, dan nyoba nya pake speaker brp inch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisannya sih output 2 x 250 watt. saya pake spiker @ 10 inch 150watt, nggak berani buka lebih setengah volume, takut jebol.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts