Rumah Makan Menado dan Batak

Orang kata, masakan Thailand lebih kurang mirip masakan Indonesia dalam soal cara pengolahan, penyajian, bahan dan citarasa. Demikian juga masakan berbagai suku bangsa Indonesia tentu saja hampir sama. Itulah sebabnya rumah makan Padang dan Warung Tegal dapat anda temukan di seluruh pelosok Indonesia, karena memang unsur kesamaan budaya kuliner tersebut, otomatis berarti penerimaan citarasa di pelosok Indonesia.

Tak terkecuali Masakan Menado. Penikmat kuliner Menado sudah sama nasionalnya dengan penikmat makanan Padang. Ciri khas kuliner Menado adalah "berani bumbu" dan pedesnya itu lho, dan lauknya umumnya dari ikan. Tanpa bermaksud membuat "dikotomi" memang makanan Menado ada yang bersifat "spesial" dari daging yang hanya dapat dikonsumsi terbatas karena sifatnya, yang lazim  ditemukan pada orang Manado, orang Bali, atau suku Chinese dan beberapa suku lainnya.

Dimana dapat menikmati kuliner Menado?
Bagi penikmat seafood olahan pedes, di jalan Blora dekat lampu merah disamping Stasion KRL Sudirman, ada restoran Makanan Menado bernama "Dabu-dabu" (artinya sambel) yang sudah sangat terkenal.  Banyak penikmat kuliner datang ke tempat itu hanya untuk menerima tantangan makan pedes, dan mencari kue Menado yang manis dan enak.

Apabila anda termasuk yang dapat menikmati makanan "spesial", maka ada beberapa tempat dapat diberikan koordinatnya: 1) Ambasador Mall di Kuningan. Di food courtnya terdapat beberapa counter makanan spesial Manado tersebut 2) Jalan Kramat Gang 5 dan di jalan By Pass.

Bagi penikmat masakan Manado yang spesial tersebut, saran kami, jangan terlalu sering rasakan nikmatnya makan, karena satu dan lain hal harus menjaga kesehatan. Makanan Menado spesial dengan bahan selain ikan biasanya mengandung kadar lemak yang tinggi. Jika anda konsumsi rutin tentu saja anda harus dipertimbangkan konsekuensinya.  Jika untuk mencari kenikmatan kulinar yang berbeda saja atau sarana sosialisasi dengan frekuensi tidak terlalu sering, itu baik adanya.

Masakan Batak
Kita beralih ke masakan Batak. Ada 4 tempat rumah makan Batak yang cukup terkenal. Paling pertama disebut tentu saja Toba Tabo alias Toba Dream, terletak di Manggarai, jalan Saharjo, setelah Jalan Minangkabau dari arah Manggarai ke Pancoran di sebelah kanan, harus mutar balik.

Menu pada top of mind adalah "panggang", suatu olahan "grilled beacon" yang spesial. Keunikan tempat ini adalah menjadi tempat sosialisasi suku bangsa Batak, sambil makan dan ngobrol dengan suara nyaring dan diselingi dengan minum bir dan makan kue ketan dibungkus daun pandan atau daun pisang.

Yang kedua sudah sangat terkenal, "Lapo Senayan", letaknya dari arah Senayan City menuju Pal Merah, di sebelah kiri setelah pertigaan lampu merah TVRI. Boleh dikata tempat itu adalah "cluster rumah makan Batak", karena ada beberapa rumah makan dengan menu yang sama. Penikmat BPK, olahan khas tanah Karo, dapat datang ke tempat ini, atau anda dari Siantar dapat menikmati olahan ikan mas.

Berikutnya adalah jalan Pemuda, Rawamangun dan jalan By Pass, di arteri jalan tol Cawang-Priok. Disana ada juga beberapa rumah makan Batak.

Itulah tempat-tempat makan khas orang Menado dan Batak yang dapat kami informasikan kepada anda. 

Selamat mencoba.


Comments

Popular Posts