Di Mana Beli Sepeda Murah?

Sebagai orang tua yang memiliki anak-anak kecil sampai remaja, pastilah anda pernah membeli sepeda buat anak-anak tercinta. Sejak mereka masih balita anda sudah beliin mereka sepeda roda tiga buat ngajak si kecil jalan-jalan sore di taman atau kompleks perumahan anda. Ketika si kecil di taman kanak-kanak, anda belikan dia sepeda pertamanya beroda dua dengan 2 roda bantuan. Si kecil beranjak besar sekarang masuk sekolah dasar, ianya anda beliin sepeda roda dua yang keren dengan banyak asesoris, bahkan sepedanya sendiri sudah memakai "shock breaker" dengan per belakang dan fork di depan, wuihhh canggih. kriiiinggg ... kriiiingggg. Saat ia remaja, sepedanya lebih gede, dan model sepedanya hampir menyerupai sepeda bapaknya, sepeda gunung dengan gir yang banyak siap untuk digenjot pada jalan tanjakan atau dikebut pada jalan lurus dan datar.

Dimana tempat penjualan sepeda yang menyediakan banyak pilihan model dan rentang harga mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal? Di Jakarta banyak. Hampir semua supermarket besar seperti Carrefour, Giant, Hypermart memiliki stand penjualan sepeda berbagai merek, tapi tempat yang khusus menjual sepeda yang paling terkenal ada 2, pertama Pasar Rumput dan kedua Sawah Besar.

1. Pasar Rumput
Mungkin dahulu pada masa Kota Jakarta masih bernama Batavia, di tempat itu banyak orang menjual rumput untuk makanan kuda, karena transportasi pada masa itu menggunakan andong, dokar atau bendi yang ditarik kuda. Jika sekarang banyak tersedia Pom Bensin untuk mobil dan kendaraan bermotor lainnya, maka pada saat itu ada "Pasar Rumput" semacam pom bensin nya andong/dokar/bendi.

Letaknya pada ruas jalan yang menghubungkan Terminal bus Manggarai dengan jalan Sudirman, terletak sepanjang tepian Banjir Kanal Barat, sepanjang jalan tersebut di sisi dekat dengan Pasar Rumput di Manggarai berderet kios kecil yang jualannya sama : Sepeda.

Mulai dari sepeda baru sampai sepeda bekas, semua dijual disini. Pilihan modelnya sangat banyak, dan stoknya pun melimpah. Jika anda membeli sepeda buat si Dede dan si Kakak, anda nggak perlu pindah ke tempat lain, semuanya tersedia disitu. Bahkan jika Ayah pengen beli sepeda buat nemenin si kecil sepedaan di kompleks perumahan atau di kompleks Gelora Senayan pada Sabtu sore atau Minggu pagi, dan hanya butuh sepeda gunung yang murah meriah dan nggak harus yang baru, si ayah juga nggak usah jauh-jauh nyarinya, semuanya dapat dibeli dan diangkut dari Pasar Rumput.

Harganya gimana? Dijamin murah, maksudnya jauh lebih murah dibanding harga di supermarket-supermarket. Selisihnya bisa sampai Rp. 300 ribu untuk sepeda harga satu jutaan. 

2. Sawah Besar
Jika di Pasar Rumput banyak kios sepeda di sepanjang jalan, maka di Sawah Besar banyak toko-toko sepeda. Melihatnya pertama kali, kita langsung tahu bahwa deretan toko-toko pada jalan tersebut adalah supplier atau agen distributor dari berbagai merek sepeda. Dan kemungkinan besar stok sepeda2 di Pasar Rumput disupply dari sini.    

Keunikannya dibanding Pasar Rumput adalah anda bisa menemukan sepeda berbagai jenis dan model, yang banyak dari modelnya bahkan tidak ada di Pasar Rumput. Mulai dari sepeda buatan Indonesia, sampai sepeda buatan China tersedia di sini, sepeda anak-anak sampai sepeda gunung ada.

Sekali lagi soal harga, jika anda sabar menawar, anda bahkan lebih terkejut lagi. Harga di toko-toko sepeda disini lebih murah lagi daripada di tempat lain. Jika di Pasar Rumput anda bisa mendapat selisih Rp. 300 ribu dengan harga di Supermarket, maka di toko sepeda Sawah Besar, anda masih dapat menekan harga lebih rendah lagi.

Selain stok sepeda 'built-up', anda juga dapat membeli suku cadang sepeda jika milik si Dede nya dah oblak atau patah, anda dapat mencari spare parts gantinya disini.

Kalau anda dari Jakarta Selatan, Depok atau Bogor, untuk sampai ke tempat ini sangat mudah. Anda naik kereta KRL Jabodetabek jurusan Depok/Bogor - Jakarta Kota, lalu turun di Stasion Sawah Besar.  Toko-toko sepeda itu terletak di jalan kecil dekat ujung utara dari Stasion Sawah Besar.  Sepeda si kecil pun dapat anda boyong dan naik deh di KRL wussssss nyampe deh di Bogor, lalu kriiiiingggg, kriiiiiiiinggggggg, kriiiinnggggggg, si kecil siap beraksi.

Comments

  1. Trus klu yg gg pnya kndaran sndri dari sna beli sepedah bwa na bagaimna tau gak??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts