Pasar Loak


Pasar Loak atau di tempat lain disebut "Flea Market" adalah pasar atau tempat menjual barang bekas pakai yang masih bagus, atau onderdil, bahkan menjual barang rongsokan yang bagi seseorang dianggap sampah, tapi bagi orang lain bisa berharga.

Pasar loak biasanya tidak diorganisir secara formal baik tempat penjualannya maupun tata letak stand bahkan jenis barang yang dijual tidak ditentukan. Setiap orang boleh menjual apa saja, dan dimana saja sepanjang lokasi tersebut tidak dilarang. Ada Pasar Loak yang muncul "kagetan" sehingga kadang-kdang disebut "Pasar Kaget" karena muncul pada waktu atau hari tertentu misalnya Sabtu atau Minggu Pagi, atau munculnya di kompleks perumahan tertentu, atau di sepanjang jalan tertentu.

Di Jakarta anda dapat menemukan beberapa tempat yang terkenal sebagai Pasar Loak sejak lama. Berikut ini informasi mengenai pasar loak yang ada di Jakarta

Jalan Urip
Sebelum ditertibkan Pemerintah Kota DKI, di Jalan Urip, dekat dengan Pasar Jatinegara, ada pasar loak yang sangat ramai. Mereka menggunakan trotoar dan sebagian bahu jalan untuk berjualan. Pada hari Sabtu atau Minggu pagi, kawasan itu sangat ramai pengunjung. Tapi setelah digusur dari trotoar dan bahu jalan, pasar tersebut masih bertahan di halaman-halaman rumah penduduk yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Anda dapat menemukan barang elektronik bekas, kamera jadul masih menggunakan media film negatif, teropong-keker, kaset tua, dan pakaian dan sepatu bekas. Bahkan jika anda peminat batu-batuan yang digosok indah, disini juga banyak dijual batu-batuan sekaligus jasa menggosoknya. Atau sekedar mencari handphone jadul yang hanya bisa nelpon sama sms.

Pasar Poncol
Terletak di sebuah jalan gang di samping Stasion Kereta Api Senen, setelah perlintasan kereta ke arah Cempaka Putih, di sebelah kiri.  Pasar loak ini boleh dikata "paling lengkap" di antara semua pasar loak Jakarta.  Tentu saja jangan disangka maksudnya paling bagus dan lengkap fasilitasnya, tetapi yang dimaksud disini adalah jenis barang jualannya lengkap dan stoknya banyak, dan pastinya barang bekas.

Anda dapat menemukan lensa kamera film jadul yang masih bagus, anda dapat membeli sepasang speaker bass yang masih bunyi, bahkan anda dapat membeli kunci pas yang dapat membuka sebuah mur nomor diameter 10 centimeter (mur mesin kapal), atau sekedar membeli sebuah tas pinggang kulit, atau sebuah celana pria casual berwarna kheki. Atau jika pelek sepeda motor anda sudah mulai goyang, anda bisa setel pelek disini, atau mau ganti knalpot motor anda biar terdengar racing dan garang.  Bahkan paron bekas potongan rel kereta yang sulit dicari, dapat anda temukan disini. Bahkan anda dapat menemukan komponen spare part AC mobil atau shock breaker motor, bahkan spare parts mesin mobil dan motor.

Memang sempat menjadi pertanyaan mengenai sumber dari barang-barang spare parts mesin tersebut. Mungkinkah onderdil kendaraan bermotor tersebut barang pretelan dari motor curian? Maybe yes maybe no. Tidak ada yang tahu pasti. Namun yang pasti adalah barang2 itru dijual dengan harga super miring.  

Bagaimana menuju ke tempat ini? Sangat gampang, sekali anda tahu cara menuju ke Pasar Senen, atau Stasion Kereta Api Senen, anda pasti menemukan Pasar Poncol.

Selamat explore dan hunting barang yang anda incar.

Comments

Popular Posts